Cara Mengetik Arab di MS Word 2007 dan 2010

Sebenarnya cara menulis atau cara mengetik arab di MS Word 2007 dan 2010 mudah sekali karna sudah tersedia di dalam program microsoft word 2007 dan 2010 itu sendiri, hanya saja tips cara mengetik arab di MS Word 2007 dan 2010 yang dijelaskan di blog lain sering sekali keliru kalau cara mengetik arab di MS Word 2007 dan 2010 itu harus mendownload dulu program fontnya padahal tak perlu sama sekali karna cukup diaktifkan saja font arabic-nya sudah bisa digunakan. Makanya, kali ini saya mau memberikan anda langkah-langkah mudah cara mengetik arab di MS Word 2007 dan 2010 tanpa perlu download. Berikut caranya :




Cara Mengaktifkan Font Arabic Microsoft Word 2007 dan 2010
  1. Klik tombol "Start" di bagian sudut kiri bawah pada komputer anda
  2. Pilih menu "Control Panel"
  3. Untuk masuk ke settingan bahasa arabnya klil "Clock, Language, and Region" atau mungkin saja katanya berbeda, tapi yang penting ada kata 'Language'.
  4. Jika sudah masuk pilih lagi "Region and Language" untuk masuk ke halaman pemilihan bahasa arab atau font arabic-nya.
  5. Setelah terbuka halaman Region and Language kemudian klik menu 'Format'. Nah, sampai disitu tinggal pilih bahasa yang mau diaktifkan. Sebaiknya jika ingin cara mengetik arab di MS Word 2007 dan 2010 pilih saja "Arabic (Saudi Arabia)" kemudian tinggal klik "Ok" dan cara mengetik arab di MS Word 2007 dan 2010 pun akhirnya sudah aktif dan bisa digunakan.
Cara Menggunakan  Font Arabic Microsoft Word 2007 dan 2010

Untuk menggunakan font arabic yang sudah anda aktifkan tadi cukup dengan mengklik tombol kecil yang ada di bagian sudut kanan bawah. Biasanya tombolnya tertulis "IN", "EN" atau "AR". Kalau yang terlihat belum tertulis "AR" berarti anda tinggal mengkliknya agar pilihan bahasanya dapat terlihat. Gampang kan? Kenapa mengistall dulu kalau bisa langsung?

Tips 1 : Setiap menulis atau mengetik mengetik arab di MS Word 2007 dan 2010 sebaiknya pilih font jenis "Traditional Arabic" karna jenis font tersebut mudah diberikan harakat.

Cara Menggunakan KeyBoard saat menulis atau mengetik  menggunakan Font Arabic Microsoft Word 2007 dan 2010
  • Klik tombol "Start" di bagian sudut kiri bawah pada komputer anda.
  • Pilih "All Programs" kemudian "Accesorries" untuk mencari Keyboardnya.
  • Cari "Ease of Access"
  • Bila sudah ketemu tinggal klik "On-Screen KeyBoard" maka secara otomatis keyboard tersebut aktif dan anda pun bisa cara mengetik arab di MS Word 2007 dan 2010 dengan menggunakan keyboard.

Tips 2 : Jika ingin mudah menggunakan keyboard saat mengetik arab di MS Word 2007 dan 2010 sebaiknya aplikasi On-Screen Keyboard tersebut ditampilkan di bagian Start Menu (Tombol Start di sudut kiri bawah) atau di bagian Task Bar (Icon mendatar di bagian paling bawah layar komputer). Caranya, cari  On-Screen Keyboard (seperti contoh di atas) kemudian klik kanan dan klik "Pin to Star Menu" atau "Pin to Task Bar"


Tips 3 : Untuk mengaktifkan font arab dengan menggunakan keyboard caranya dengan mengklik "Alt + Shift" di keyboard anda.

Comments