Membuat Knalpot Racing


        Sebetulnya tidak sulit membuat Knalpot Racing. karena anda dapat membuatnya sendiri hanya dengan bermodal desain, pipa besi dan plat saja sudah bisa membuat knalpot Racing mirip dengan Knaplot Racing yang bermerk dipasaran. Oleh karena itu ada cara-cara yang harus diperhatikan dalam membuat knalpot mulai dari pemilihan bahan Knalpot, desain knalpot seperti Knalpot R9, AHRS, CLD, dan alat untuk membuatnya seperti penggunaan alat las. Oke, selanjutnya mari kita simak apa sajakah yang dibutuhkan dalam membuat Knalpot Racing.
 
1. Bahan
Bahan dalam membuat knalpot umumnya menggunakan pipa besar yang berbahan  stainless, seperti beberapa merek terkenal yang juga menggunakan pipa stainless dalam membuat produk Knalpot mereka. Dan apabila anda mau mengikuti trend saat ini, anda bisa menggunakan bahan titanium, tetapi harganya lebih mahal. Selain pipa, plat juga dibutuhkan untuk desain bagian luar knalpot agar bisa dimodel sesuai dengan keinginan. Dan diantara bahan plat yang sering digunakan dalam cara membuat knalpot adalah stanless steel, aluminium, plat galvanis, titanium, carbon.  Namun sebaiknya pilih plat galvanis karna harganya lebih terjangakau, selain itu lebih kuat dan lentur.


2. Alat
Alat yang paling penting dalam pembuatan knalpot yaitu dengan menggunakan las. Pengelasan yang murah adalah dengan menggunakan las karbit, hanya saja me-las dengan las karbit cenderung cepat bocor dan tidak tahan getaran. oleh karena itu apabila ingin mendapatkan kualitas yang sedikit lebih kuat bisa menggunakan las kuningan. Atau apabila anda ingin mendapatkan kualitas yang lebih bagus lagi dapat menggunakan Las Auto Line  Welding Stand yang prosesnya menggunakan gas CO, atau yang terbaru dengan menggunakan Laser, hanya saja harganya sedikit mahal, anda harus menyiapkan dana sekitar Empat Ratus juta-an untuk membelinya. Kemudian alat yang harus anda miliki selajutnya adalah pencetak Silincer Knalpot.

Untuk proses pembuatannya akan dibahas dalam kesempatan lai, semoga tulisan diatas bermanfaat.


Comments