Tips Aman Berkendara

           Keselamatan dalam berkendara tentunya adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam berkendara, karena dengan menjaga keselamatan sendiri kita juga menjaga keselamatan orang lain. ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum berkendara, diantaranya adalah;
  1. Cek kesehatan diri anda; Tentunya prioritas utama sebelum berkendara adalah kesehatan anda tidak sedang terganggu, karena bagaimana mungkin dapat berkendara dengan baik apabila kesahatan ada sedang tidak fit. Kesehatan ini meliputi segala hal termasuk apakah anda dalam keadaan ngantuk atau tidak, karena banyak kecelakaan di jalan diakibatkan karena pengemudi mengantuk.
  2. Cek Kendaraan; Penting sekali mengecek kendaraan anda sebelum anda melakukan sebuah perjalanan, kebanyakan orang sering lupa mengecek kendaraan mereka sebelum melakukan perjalanan. Beberapa bagian yang penting sebelum berkendara adalah; Bagian Mesin, Tekanan angin, Rem, dan Lampu-lampu.
 Sedangkan hal-hal yang harus diperhatikan ketika berkendara dijalan adalah;
  1. Berdoa Sebelum berkendara; Banyak yang menulis bahwa tips terakhir dalam berkendara adalah berdo'a, tapi saya disisni menempatkan Do'a sebagai tips pertama dalam berkendara, sebab do'a adalah sebagai penenang jiwa, dan bekendara butuh ketenangan.
  2. Hindari terlalu merasa bahagia, terlalu sedih dan marah ketika berkendara, karena akan mengurangin konsentrasi anda ketika sedang berkendara. Sebaiknya jangan mengemudikan kendaraan apabila anda sedang  merasakan keadaan-keadaan diatas.
  3. Gunakan sabuk pengaman (Mobil); Selain mengurangi resiko terbentur ketika terjadi kecelakaan, Ini juga akan membantu anda tetap pada posisi siap dalam berkendara, karena dengan sabuk pengaman maka badan anda akan tetap tegak, atur sabuk pengaman senyaman mungkin supaya anda tetap nyaman dalam berkendara.
  4. Pakailah Helm (Motor); Disarankan untuk memakai Helm yang Full Face, karena akan lebih melindungi kepala anda dari benturan keras yang diakibatkan dari kecelakaan.
  5. Jangan abaikan kaca spion; Banyak sekali pengemudi yang kendaraanya hanya dipasangi kaca spion kecil (pengendara motor). Padahal fungsi kaca spion adalah untuk mengetahui keadaan bagian belakang dari kendaraan anda supaya ketika anda ingin berbelok ke kiri atau kanan anda dapat melihat terlebih dahulu keadaan di belakang anda. Kemudian yang sering dilakukan adalah menganak tirikan spion bagian kiri dan tengah pada mobil, padahal tidak kalah penting juga untuk memberikan informasi keadaan di belakang kendaraan anda. Ingat jarak yang anda lihat di kaca spion tidak sama dengan yang sebenarnya.
  6. Jaga jarak aman; Jarak aman dengan kendaraan di depan anda adalah ketika anda merasa bahwa anda dapat mengendalikan kendaraan anda apabila kendaraan didepan anda melakukan rem mendadak. itulah jarak amannya.
  7. Selalu gunakan lampu sen kiri dan kanan ketika anda ingin belok ke kiri atau kanan. ini yang sering diabaikan pengendara sehingga kendaraan di belakang atau depan tidak tau kendaraan tersebut akan berbelok ke kiri atau kanan dan inilah yang dapat mengakibatkan kecelakaan
  8. Jaga kecepatan ; 
  9. Patuhi rambu-rambu lalulintas
  10. Istirahat ketika merasa lelah dan mengantuk
Itulah sedikit tips dari saya semoga bermanfaat, tetaplah menjadi pengendara yang baik supaya anda dan orang disekitar anda selamat.

Comments