KURIKULUM 2013 DAN KTSP KOMPETENSI / PAKET KEAHLIAN AKUNTANSI
SMKN 1 GUNUNGKENCANA KABUPATEN LEBAK TAHUN 2017
|
KURIKULUM
SMK NEGERI 1 GUNUNGKENCANA
BIDANG STUDI KEAHLIAN
: BISNIS MANAJEMEN
PROGRAM STUDI KEAHLIAN : ADMINISTRASI KEUANGAN
PAKET
KEAHLIAN : AKUNTANSI
TAHUN PEMBELAJARAN
2016 – 2017
Status :
TERAKREDITASI SK BAP PROVINSI BANTEN
Nomor :
44/BAP-S/M-SK/III/2013 Akuntansi (B)
JL. Raya Gunungkencana Malingping Km 14 Kode Pos. 42354 Gunungkencana
LEMBAR PENGESAHAN
Setelah memperhatikan pertimbangan dari komite sekolah
maka dengan ini Kurikulum SMKN 1 Gunungkencana
ditetapkan dan diberlakukan mulai Tahun Pembelajaran 2016-2017
Lebak, 18 Juli
2016
Komite Sekolah
|
Kepala Sekolah
|
|
HASANUDIN,
S.Pd
|
HARUN RASYID, M.Pd
NIP. 196702271989031006
|
|
Dinas Pendidikan Provinsi Banten
Kepala Dinas
H. ENGKOS KOSASIH SAMANHUDI, S.Pd, MM, M.Si
Pembina
Utama Madya
NIP. 196007271983031012
|
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan
kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, SMK Negeri 1 Gunungkencana
telah menyusun Dokumen I Kurikulum SMK Negeri 1 Gunungkencana yang sekaligus juga
penerapan Kurikukum 2013. Penyusunan Dokumen Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan ini merupakan salah satu upaya mengoptimalkan kegiatan proses
pendidikan yang dilaksanakan oleh sekolah, sesuai dengan karakteristik daerah
dan lingkungan serta berorientasi pada kebutuhan peserta didik.
Kurikulum SMK Negeri 1
Gunungkencana disusun dengan mengacu pada delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) ditetapkan oleh BSNP dan peraturan-peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan (Permendikbud) yang berkenaan dengan implementasi Kurikukum 2013.
Dokumen KTSP yang kami susun
ini mulai dilaksanakan pada tahun pembelajaran 2016-2017.
Namun demikian, kami meyadari bahwa Dokumen kurikulum ini masih belum sempurna. Penyempurnaan secara
berkelanjutan akan terus dilakukan seiring dengan perubahan dan penyempurnaan Kurikulum 2013 yang merupakan sumber acuan
lainnya dalam penyusunan Dokumen ini.
Kami mengucapkan terima kasih
dan penghargaan kepada seluruh warga
sekolah dan Staf Sekolah yang telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk
membantu baik waktu maupun tenaganya untuk menyusun Dokumen ini.Semoga Allah SWT senantiasa
memberikan petunjuk terhadap segala upaya yang kita lakukan demi peningkatan
mutu pendidikan di Indonesia.
Lebak, 18 Juli 2016
Kepala
Sekolah,
HARUN RASYID, M.Pd
NIP. 196702271989031006
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN ...................................................................................... i
KATA PENGANTAR .............................................................................................. ii
DAFTAR ISI .............................................................................................................. iii
BAB I PENDAHULUAN ...................................................................................... 1
A.
Latar Belakang ........................................................................................ 1
B.
Dasar Hukum .......................................................................................... 5
C.
Tujuan Penyusunan Dokumen
Kurikulum............................................... 6
D.
Prinsip Pengembangan
Kurikulum .......................................................... `7
BAB II TUJUAN SMK NEGERI 1 GUNUNGKENCANA
A.
Tujuan Pendidikan .................................................................................. 10
B.
Visi ......................................................................................................... 10
C.
Misi ...................................................................................................... 10
D.
Tujuan ……………………………………………………………….. 11
BAB
III
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM SMK NEGERI 1
GUNUNGKENCANA
A.
Kerangka Dasar Kurikukum ................................................................... 13
B.
Muatan Kurikulum .................................................................................. 16
C.
Standar
Kompetensi ............................................................................... 20
D.
Muatan Lokal
.......................................................................................... 57
E.
Kegiatan
Pengaturan Beban Belajar ....................................................... 61
F.
Pengembangan
Diri ................................................................................. 64
G.
Kriteria
Ketuntasan Minimal .................................................................. 66
H.
Kriteria
Kenaikan Kelas .......................................................................... 67
I.
Kriteria
Kelulusan.................................................................................... 71
J.
Peminatan
dan Lintas Minat ................................................................... 72
K.
Pendidikan
Kecakapan Hidup ................................................................ 73
BAB
IV KALENDER PENDIDIKAN ...................................................................
A.
Permulaan Tahun Pelajaran ..................................................................... 76
B.
Jumlah Minggu Efektif ........................................................................... 77
C. Jadwal Waktu Libur ............................................................................... 78
BAB
V PENUTUP .................................................................................................. 80
LAMPIRAN
1. Contoh satu silabus dan RPP
2. SK TPK dan Uraian Tugas Tim
Penyususn
3. Hasil Analisis Konteks
4. Instrumen Verifikasi/Validasi Dok.KTSP
PEMERINTAH KABUPATEN
LEBAK
SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN
SMK NEGERI 1
GUNUNGKENCANA
Status : TERAKREDITASI SK BAP PROVINSI BANTEN
Nomor : 44/BAP-S/M-SK/III/2013
Akuntansi (B)
Nomor : 83/BAP-S/M-SK/X/2015 Teknik
Kendaraan Ringan (B)
JL. Raya Gunungkencana Malingping Km 14 Kode Pos. 42354 Gunungkencana
SURAT KEPUTUSAN
KEPALA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1
GUNUNGKENCANA
Nomor : 800/ 228 /SMKN1-GNK/VII/2016
TENTANG
PENUNJUKKAN TIM PENGEMBANG KURIKULUM
SMK NEGERI 1 GUNUNGKENCANA
Tahun Pembelajaran 2016-2017
Menimbang :
|
a. Bahwa dalam rangka implementasi Kurikulum Kesatuan Tingkat Pendidikan
(KTSP) SMKN 1 Gunungkencana perlu ditunjuk Tim Pengembang Kurikulum.
b. Bahwa sehubungan dengan poin a,
pemberian tugas tersebut perlu dituangkan dalam Surat Keputusan.
|
Mengingat :
|
1.
Undang-undang
Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.
Peraturan
Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
3.
Permendikbud
no 160 tahun 2014 tentang perubahan kebijakan pemberlakuan kurikulum.
4.
Permendikbud
no. 60 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 untuk SMK & MAK
5.
Permendikbud
no. 61 tahun 2014 tentang KTSP
6.
Permendikbud
no. 62 tahun 2014 tentang Extra Kulikuler
7.
Permendikbud
no. 63 tahun 2014 tentang Kepramukaan
8.
Permendikbud
no. 64 tahun 2014 tentang peminataan
9.
Permendikbud no 103 tahun 2014 tentang pembelajaran
10. Permendikbud no. 53 tahun 2015 dan permendikbud
no 23 tahun 2016 tentang standar penilaian
11. Permendikbud No. 20 Tahun
2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan
12.
Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi
13.
Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses
14.
Permendikbud No. 8 Tahun 2016 tentang Buku Teks dan Buku Panduan Guru
15.
Keputusan
direktur Jendral pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Nomor : 7013/D/KP/2013 Tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Kejuruan.
16. Pergub No 15 Tahun 2014 tentang mulok
seni budaya Banten
17. Keputusan Kepala Dinas
Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebak Nomor 420/Disdikbub/Kab/ 2016 tentang Kalender Pendidikan bagi
sekolah pada tahun pelajaran 2016-2017.
|
MEMUTUSKAN
Menetapkan :
Pertama
|
:
|
Menunjuk nama-nama terlampir pada surat keputusan ini sebagai Tim
Pengembang Kurikulum SMK Negeri 1 Gunungkencana tahun pelajaran 2016/2017 .
|
Kedua
|
:
|
Memberikan tugas kepada nama-nama tersebut dengan tugas dalam
merencanakan, melaksananakan dan mengevaluasi implementasi Kurikulum Kesatuan Tingkat Pendidikan
(KTSP) SMKN 1 Gunungkencana tahun pelajaran 2016/2017 seperti terlampir pada surat keputusan ini.
|
Ketiga
|
:
|
Keputusan ini berlaku terhitung mulai tanggal ditetapkan dan apabila terjadi kekeliruan dalam
keputusan ini akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya.
|
Ditetapkan di : Gunungkencana
Pada Tanggal : 18 Juli 2016
Kepala Sekolah,
HARUN RASYID, M.Pd
NIP. 196702271989031006
Surat Keputusan Nomor : 800/ 228/SMKN1-GNK/VII/2016
PENUNJUKKAN TIM
PENGEMBANG KURIKULUM
SMK NEGERI 1
GUNUNGKENCANA
TAHUN PELAJARAN
2015-2016
NO
|
NAMA
|
UNSUR SEKOLAH
|
Kedudukan dan Tugas Dan Kewenangan
|
1.
|
HARUN RASYID, M.Pd
|
Kepala Sekolah
|
Ketua merangkap anggota
|
2.
|
HASANUDIN,S.Pd
|
Komite Sekolah
|
Ketua Komite Sekolah
|
3.
|
USEP HILMI, S.Pd
|
Guru/Wakil Kepala Sekolah
|
Anggota
|
4.
|
DJONI EDIH, ST
|
Guru/Wakil Kepala Bidang
Kurikulum
|
Anggota
|
5.
|
SARTONO, S.T
|
Guru/Waka. Bid. Kesiswaan
|
Anggota
|
6.
|
RIDWAN SUMARDI, S.Pd
|
Guru/ Ketua paket Keahlian Akuntansi
|
Anggota
|
7.
|
ENDANG SURYANA, ST
|
Guru/ Ketua paket Keahlian TKR
|
Anggota
|
8.
|
IPAT SUSILAWATI, S.Pd.I
|
Guru/Kepala BK
|
Anggota
|
9.
|
MANSUR, S.Pd
|
Kepala TU
|
Anggota
|
Gunungkencana, 18 Juni 2016
Kepala Sekolah,
HARUN RASYID, M.Pd
NIP. 196702271989031006
DESKRIPSI TUGAS
TIM PENGEMBANG KURIKULUM
SMK NEGERI 1 GUNUNGKENCANA
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
A.
KETUA
a.
Menkoordinir seluruh personil dalam melaksanakan tugasnya.
b. Menganalisis anggaran pengembangan sekolah
c. Membantu kepala sekolah dalam memberikan evaluasi kegiatan
d. Mengevaluasi Kegiatan
B.
BIDANG KURIKULUM
a. Menyiapkan program kurikulum.
b. Memantau pelaksanaan kegiatan kurikulum
c. Membuat matriks pengembangan kurikulum
d. Menyusun jadwal kegiatan kurikulum
C.
BIDANG SARANA
DAN PRASARANA
a. Menyiapkan program sarana dan prasarana
b. Menginventarisir barang yang ada.
c. Menginventarisir barang yang diperlukan.
d. Memnyusun Anggaran pengadaan / belanja barang
e. Membuat matriks pengembangan sarana dan
prasarana
f. Menyusun jadwal kegiatan sarana dan prasarana
D.
BIDANG KEPESERTA DIDIKAN
a. Menyiapkan program kepeserta didikan,
b. Menyiapkan program ekstrakurikuler
c. Menyiapkan penanganan kedisiplinan peserta
didik
E.
BIDANG HUMAS
a. Menyiapkan program Humas,
b. Merencanakan Rapat dengan Komite Sekolah
c.
Mendokumentasikan Hasil Rapat Sekolah maupun rapat
dengan Komite,
F.
KETATAUSAHAAN
a. Menyiapkan program ketatausahaan
b. Menyiapkan administrasi tenaga pendidik dan
tenaga kependidikan
c. Menyusun anggaran keuangan sekolah
G.
KOMITE SEKOLAH
a.
Memberikan input materi/ non materi kepada sekolah,
b.
Melakukan evaluasi bersama dengan sekolah, tentang
kualiatas pendidikan.
H.
KETUA KOMPETENSI KEAHLIAN
a. Menyiapkan program pengajaran
b. Menyiapkan pelaksanaan pengajaran,
c. Menyiapkan evaluasi pembelajaran,
d. Menyiapkan program tindak lanjut.
Gunungkencana, 18 Juli 2016
Kepala Sekolah,
HARUN RASYID, M.Pd
NIP. 196702271989031006
ANALISIS
KONTEKS
1. ANALISIS
STANDAR ISI (Kerangka Dasar, Struktur Kurikulum, Beban Belajar dan Kalender
Pendidikan)
Sekolah :
SMKN 1 GUNUNGKENCANA
Alamat :
Jln. Gunungkencana- Malingping Km 13
pos 42354
Kabupaten :
Lebak
Provinsi :
Banten
Komponen
|
Sub Komponen
|
Kondisi Ideal
|
Kondisi Riil
|
Rencana Tindak Lanjut
|
Struktur
Kurikulum
|
Muatan Kurikulum
|
Muatan Kurikulum dalam Dokumen 1 KTSP
SMK Negeri 1 Gunungkencana Disusun dan dilaksanakan Sesuai dengan
ketentuan/Acuan Permendikbud
|
Muatan Kurikulum dalam Dokumen 1 KTSP SMK Negeri 1 Gunungkencana Disusun
dan dilaksanakan Sesuai acuan.
|
Tahun pelajaran 2016-2017 tetap ditargetkan Muatan Kurikulum
pada semua mata pelajaran
|
2. ANALISIS
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
Komponen
|
Sub Komponen
|
Kondisi Ideal
|
Kondisi Riil
|
Rencana Tindak Lanjut
|
Standar
Kompetensi Lulusan satuan pendidikan SMK Negeri 1 Gunungkencana
|
Pengembangan Diri
|
Peserta didik
dapat mengembangkan Diri secara Optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri
serta memperbaiki kekurangannya dengan mengikuti berbagai jenis kegiatan
ekstrakurikuler pilihan
|
99 % Peserta
didik telah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler wajib, namun hanya sekitar 20%
peserta didik yang mengikuti jenis eksul pilihan. Hal ini diperkirakan
disebabkan oleh keterbatasan kemampuan pembimbing serta terbatasnya sarana
pendukung.
|
Dalam jangka
pendek ditargetkan untuk memberi pelatihan pemantapan kompetensi pada guru
pembimbing guna menarik minat peserta didik dalam mengikuti kegiatan eskul
pilihan seperti: PMR dan Paskibra. Adapun rencana peningkatan sarana
pendukung adalah dengan mencari dan mendapatkan peluang bantuan baik dari
Dinas, donatur tak terikat maupun partisipasi masyarakat/orang tua wali
murid.
|
3. ANALISIS
STANDAR PROSES
Komponen
|
Sub Komponen
|
Kondisi Ideal
|
Kondisi Riil
|
Rencana Tindak Lanjut
|
PERENCANAAN
|
||||
RPP
|
Penyiapan
Perangkat Pembelajaran
|
a.
100%
Guru menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dikembangkan dari
silabus (paling luas mencakup satu KD yang terdiri atas satu atau beberapa
indikator untuk satu kali pertemuan)
|
Dikarenakan biaya
dan waktu yang terbatas dalam menyusun RPP maka dalam persentasinya adalah 50
% Guru menyiapkan RPP sebelum pembelajaran, 30% guru menyiapkan RPP setelah
pembelajaran dan sisanya hanya mengumpulkan jika ada pemeriksaan dari Dinas
|
Diadakan kegiatan MGMP sekolah selama beberapa hari /jam guna workshop
penyusunan RPP dan penekanan Penyusunan RPP selama libur semester genap
|
4. ANALISIS
STANDAR PENILAIAN
KOMPONEN
|
KONDISI IDEAL
|
KONDISI RIIL
|
KESENJANGAN
|
RENCANA TINDAK LANJUT
|
Mekanisme dan
Prosedur Penilaian
|
100% guru menyusun
rancangan jadwal Pelaksanaan Penilaian dan remedial
|
100% guru menyusun
rancangan jadwal penilaian dan remedial, namun hanya 55% yang dapat
melaksanakan kegiatan remedial
|
65% Guru yang dapat
melaksanakan kegiatan remedial UAS atau UKK disebabkan karena keterbatasan
waktu mengoreksi LJK, apalagi bagi
mata pelajaran yang diujikan pada 2 hari terakhir
|
Diprogramkan
kegiatan koreksi bersama setelah mata pelajaran diujikan semua pada hari tsb.
|
5. ANALISIS
STANDAR PENGELOLAAN
KOMPONEN
|
KONDISI IDEAL
|
KONDISI RIIL
|
RENCANA TINDAK LANJUT
|
Tenaga Kependidikan
|
Tenaga kependidikan
atau struktural/pengurus sekolah sebagai tenaga pendidik yang berkonsentrasi
penuh mengelola sekolah terdiri dari Komite Sekolah, Kepala Sekolah, Wakasek
Bidang Kurikulum, Wakasek Bidang Kepeserta didikan, Wakasek Bidang Sarana
Prasarana, dan Wakasek bidang Humas.
|
Pada prinsipnya Pengurus
Sekolah telah disesuaikan dengan kebutuhan, hanya saja pada bidang sarana
prasarana masih kesulitan karena
keterbatasan kompetensi, kemauan dan juga keterbatasan biaya.
|
a. Sekolah bekerjasama dengan Yayasan untuk
memberi kesempatan kepada wakasek bidang sarana guna mengkader salah satu
rekan sejawat yang diperkirakan memiliki kompetensi bidang sarana atau
minimal yang memiliki kemauan untuk bidang tersebut.
|
6. ANALISIS
KUALIFIKASI AKADEMIK DAN KOMPETENSI GURU
KOMPONEN
|
KONDISI IDEAL
|
KONDISI RIIL
|
RENCANA TINDAK LANJUT
|
Kompetensi dalam
bidang Tekhnologi Informasi
|
Sekitar 90% pendidik
menguasai bidang Teknologi Informasi salah satunya adalah bidang microsoft
Office dan layanan Internet dan sejenisnya.
|
Sekitar 85% guru
sudah menguasai dalam bidang microsoft Office. Namun sekitar 60% guru yang
mampu dalam bidang layanan internet dan sejenisnya.
|
Dalam program jangka
pendek sekolah Mengadakan program pelatihan Guru dalam bidang TIK
|
7. ANALISIS
STANDAR PEMBIAYAAN
KOMPONEN
|
KONDISI IDEAL
|
KONDISI RIIL
|
RENCANA TINDAK LANJUT
|
PEMBIAYAAN
|
Diharapkan biaya
operasional yang sebagian bersumber dari swadaya/biaya partisipasi orang tua
berjalan lancar sekitar 85% dari jumlah biaya perpeserta didik tiap tahunnya.
|
Biaya operasional
yang berasal dari biaya partisipasi orang tua belum sepenuhnya lancar.
|
Sekolah, bekerjasama
dengan Komite dan atas saran dan masukan dari pihak Dinas terkait mencoba
menggunakan berbagai alternatif guna memperbaiki manajemen keuangan demi
kelancaran dan kesinambungan operasional sekolah
|
8. ANALISIS
STANDAR SARANA
KOMPONEN
|
KONDISI IDEAL
|
KONDISI RIIL
|
RENCANA TINDAK LANJUT
|
Tanah
|
Idealnya bukti
kepemilikan tanah yang lebih kuat adalah dibuktikan dengan adanya AJB dan
sertifikat tanah
|
Bukti kepemilikan
tanah dibuktikan dengan adanya AJB dan sertifikat tanah
|
INSTRUMEN VERIFIKASI/VALIDASI
DOKUMEN KTSP
Nama Sekolah : SMKN 1 GUNUNGKENCANA
Nama Kepala Sekolah :
HARUN RASYID, M.Pd
Alamat Sekolah : Jl. Gunungkencana- Malingping Km 13 Pos 42354
Kabupaten/Kota : Lebak
DOKUMEN I
NO
|
KOMPONEN DAN INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
COVER/HALAMAN JUDUL
|
||||||
1
|
Logo sekolah dan atau daerah
|
|||||
2
|
Judul: Kurikulum SMK NEGERI 1
GUNUNGKENCANA ............
|
|||||
3
|
Tahunpelajaran 2015/2016
|
|||||
4
|
Alamat
sekolah Jl Gunungkencana-malingping
KM
13
|
|||||
LEMBAR
PENGESAHAN
|
||||||
1
|
Rumusan
kalimat pengesahan
|
|||||
2
|
Tanda tangan kepala
sekolah dan stempel/cap sekolah
|
|||||
3
|
Tanda tangan ketua komite
sekolah dan stempel/cap Komite Sekolah
|
|||||
4
|
Tempat untuk tanda tangan
kepala/ pejabat dinas pendidikan provinsi
|
|||||
DAFTAR ISI
|
||||||
Kesesuaian
halaman
|
||||||
BAB
I PENDAHULUAN
|
||||||
A
|
LATAR
BELAKANG MEMUAT:
|
|||||
§
Alasan
penyusunan Dokumen KTSP
|
||||||
§
Kondisi
ideal dan kondisi nyata
|
||||||
§
Potensi
dan Karakteristik Satuan Pendidikan
|
||||||
B
|
MENCANTUMKAN DASAR
HUKUM YANG RELEVAN
|
|||||
§
Undang-undang
No 20 thn 2003
|
||||||
§
PP
No. 32 Tahun 2013
|
||||||
§
Permendikbud
No. 54 Tahun 2013
|
||||||
§
Permendikbud
No. 64 Tahun 2013
|
||||||
§
Permendikbud
No. 65 Tahun 2013
|
||||||
§
Permendikbud
No. 66 Tahun 2013
|
||||||
§
Permendikbud
No. 69 Tahun 2013
|
||||||
§
Permendikbud
No. 71 Tahun 2013
|
||||||
§
Permendikbud
No. 81A Tahun 2013
|
||||||
§
Surat
EdaranMenteri yang sesuai
|
||||||
§
Peraturan
Daerah yang relevan
|
||||||
C
|
TUJUAN PENGEMBANGAN KTSP
|
|||||
§
Adanya
tujuan pengembangan Dokumen KTSP
|
||||||
§
Mengembangkan
kompetensi yang mencakup tiga ranah (Afektif, Kognitif dan Ketrampilan)
|
||||||
D
|
PRINSIP PENYUSUNAN KTSP
|
|||||
§
Mencakup
tujuh prinsip pengembangan dan Pelaksanaan KTSP
|
||||||
BAB II TUJUAN SATUAN PENDIDIKAN
|
||||||
A
|
TUJUAN PENDIDIKAN MENENGAH
|
|||||
Mengacu pada tujuan pendidikan
menengah seperti tercantum pada perundang-undangan
|
||||||
B
|
VISI SATUAN PENDIDIKAN
|
|||||
1
|
Ringkas dan mudah dipahami
|
|||||
2
|
Mengacu pada tujuan
pendidikan menengah yaitu untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan,
kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan
mengikuti pendidikan lebih lanjut.
|
|||||
3
|
Mengacu tuntutan SKL dan KI yang mencakup tiga domain
Sikap, Pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan Permendikbud No. 54 Tahun 2013.
|
|||||
4
|
Berorientasi pada potensi, minat, perkembangan,
kebutuhan dan kepentingan
|
|||||
5
|
Berorientasi pada kepentingan
daerah, nasional dan global.
|
|||||
6
|
Berorientasi pada
perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta memperhatikan lingkungan
sosial dalam rangka menumbuhkan peduli lingkungan.
|
|||||
7
|
Memberi inspirasi dan tantangan dalam meningkatkan
prestasi secara berkelanjutan untuk mencapai keunggulan
|
|||||
8
|
Mendorong semangat dan komitmen seluruh warga satuan
pendidikan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pendidikan
|
|||||
C
|
MISI SATUAN PENDIDIKAN
|
|||||
Menjabarkan pencapaian visi dalam bentuk pernyataan yang terukur dan
dapat dicapai sesuai dengan skala prioritas, mencakup: seluruh
indikator visi
|
||||||
D
|
TUJUAN SATUAN PENDIDIKAN
|
|||||
1
|
Tujuan Pendidikan Menengah
|
|||||
2
|
Tujuan SMK NEGERI 1 GUNUNGKENCANA yang menjabarkan
pencapaian misi dalam bentuk
pernyataan yang terukur dan dapat dicapai sesuai dengan skala prioritas,
mencakup seluruh indikator misi
|
|||||
II
|
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
|
|||||
1
|
Kerangka dasar Kurikukum Satuan Pendidikan
|
|||||
2
|
Daftar mata pelajaran Wajib A, Wajib B, Peminatan dan
Lintas Minat .Pengaturan alokasi waktu per mata pelajaran disesuaikan
struktur kurikulum, minat dan kebutuhan
dan sekolah dengan jumlah waktu
minimal 42 jam pelajaran per minggu untuk Sistem Paket atau sesuai ketentuan
sekolah berdasarkan hasil anlisis untuk SMK NEGERI 1 GUNUNGKENCANA pelaksana
SKS.
|
|||||
PROGRAM MUATAN LOKAL, mencantumkan:
|
||||||
1
|
Jenis dan strategi pelaksanaan muatan lokal yang
dilaksanakan sesuai dengan kebijakan daerah.
|
|||||
2
|
Jenis dan strategi pelaksanaan muatan lokal yang
dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan
dan karakteristik sekolah.
|
|||||
3
|
Daftar KI dan KD Muatan
lokal yang dikembangkan oleh sekolah.
|
|||||
KEGIATAN PENGEMBANGAN
DIRI, mencantumkan:
|
||||||
1
|
Uraian tentang jenis dan strategi pelaksanaan program
layanan konseling dan atau layanan akademik/belajar, sosial dan pengembangan
karier .
|
|||||
2
|
Uraian tentang jenis dan strategi pelaksanaan program
pengembangan bakat, minat dan prestasi .
|
|||||
3
|
Kegiatan Kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler
wajib, melalui kegiatan Gugus Depan, dan/atau MOS, dan/atau Kegiatan akhir
pekan.
|
|||||
PENGATURAN BEBAN BELAJAR, mencantumkan:
|
||||||
1
|
Uraian tentang pengaturan alokasi waktu pembelajaran
per jam tatap muka, jumlah jam
pelajaran per minggu, jumlah minggu efektif per tahun pelajaran, jumlah jam
pelajaran per tahun.
|
|||||
2
|
Uraian tentang pemanfaatan 60% dari jumlah waktu
kegiatan tatap muka pada mata pelajaran tertentu, untuk penugasan terstruktur
(PT) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (KMTT).
|
|||||
3
|
Uraian tentang
pelaksanaan program percepatan bagi peserta didik yang memiliki potensi
kecerdasan dan bakat istimewa (bila ada). *)
|
|||||
4.
|
Jumlah sks per
semester, per tahun, atau seluruh sks sampai selesai SMK NEGERI 1 GUNUNGKENCANA
*)
|
|||||
5
|
Uraian pelaksanaan
tentang pelaksanaan SKS *)
|
|||||
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
|
||||||
1
|
Prosedur
Penetapan KKM
|
|||||
2
|
Daftar KKM
untuk masing-masing matapelajaran
|
|||||
KENAIKAN KELAS
mencantumkan:
|
||||||
1
|
Uraian tentang pelaksanaan penilaian hasil belajar peserta
didik (ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan
ulangan kenaikan kelas), sesuai denganketentuan yang diatur dalam Standar
Penilaian Pendidikan.
|
|||||
2
|
Uraian tentang mekanisme dan prosedur pelaporan hasil
belajar .
|
|||||
3
|
Uraian tentang pelaksanaan program remedial dan
pengayaan.
|
|||||
KELULUSAN, mencantumkan:
|
||||||
1
|
Kriteriakelulusanberdasar
pada ketentuan PP nomor
32 tahun 2013 pasal 72 ayat 2.
|
|||||
2
|
Uraian tentang pelaksanaan
ujian nasional dan ujian sekolah.
|
|||||
3
|
Target kelulusan yang
akandicapaiolehsekolah.
|
|||||
4
|
Uraian tentang program-program sekolah dalam
meningkatkan kualitas lulusan.
|
|||||
5
|
Uraiantentangprogram pasca
ujiannasionalsebagaiantisipasibagi yang belumlulusujian.
|
|||||
PEMINATAN DAN LINTAS
MINAT, mencantumkan
|
||||||
1
|
Penentuan jumlah peserta didik yang
mengambilmatapelajaranpeminatandanlintasminat mengacu hasil analisis kondisi
riil sekolah, terutama PTK dan sarana-prasarana yang tersedia, dengan
mempertimbangkan potensi dan minat .
|
|||||
2
|
Kriteria peminatan dan lintas minat sesuai dengan
potensi dan minat yang mendaftar
dengan memperhatikan juga nilai raport, SKHUN, atau rekomendasi sekolah asal.
|
|||||
3
|
Uraian tentang program penelusuran potensi, minat dan
prestasi .
|
|||||
4
|
Uraian tentang mekanisme dan
proses pelaksanaan peminatan
dan lintas minat.
|
|||||
PENDALAMAN MINAT
mencantumkan **)
|
||||||
1
|
Kerjasama dengan PT
|
|||||
2
|
Kriteria
|
|||||
3
|
Materi Pendalaman Minat
|
|||||
4
|
Strategi Pelaksanaan,
termasuk Jadwal dan daftar Dosen/guru
|
|||||
PENDIDIKAN KECAKAPAN
HIDUP mencantumkan:
|
||||||
1
|
Uraian tentang penerapan
pendidikan kecakapan hidup.
|
|||||
III
|
KALENDER
PENDIDIKAN, Mencantumkan:
|
|||||
1
|
Pengaturan tentang permulaan tahun pelajaran.
|
|||||
2
|
Jumlah minggu efektif belajar satu tahun pelajaran
|
|||||
3
|
Jadwal waktu libur (jeda tengah semester, antar
semester, libur akhir tahun pelajaran, libur keagamaan, hari libur nasional
dan hari libur khusus).
|
|||||
LAMPIRAN,
antara lain;
|
||||||
1
|
Contoh satu silabus dan RPP
|
|||||
2
|
SK dan Uraian
Tugas TPK Sekolah Penyusun Dok.
|
|||||
3
|
Laporan
hasil analisis Konteks atau analisis kondisi riil sekolah.
|
|||||
4
|
Hasil
Validasi Dinas Pendidikan Kab/Kota
|
|||||
Jumlah
|
Catatan:
*) untuk SMK Negeri 1 Gunungkencana Pelaksana SKS dan **) untuk
Pelaksana Pendalaman Minat
NILAI = ………………%
CATATAN/KOMENTAR UMUM
__________________________________________________________________
__________________________________________________________________
Petugas
Validasi/Verifikasi
________________________
NIP
Comments