kurikulum akuntansi smkn 1 gunungkencana 2017


KURIKULUM 2013 DAN KTSP KOMPETENSI / PAKET KEAHLIAN AKUNTANSI
SMKN 1 GUNUNGKENCANA KABUPATEN LEBAK TAHUN 2017


 






































KURIKULUM
SMK NEGERI 1 GUNUNGKENCANA






BIDANG STUDI KEAHLIAN                     : BISNIS MANAJEMEN
PROGRAM STUDI KEAHLIAN                 : ADMINISTRASI KEUANGAN
PAKET KEAHLIAN                                  : AKUNTANSI

TAHUN PEMBELAJARAN 2016 2017

Status : TERAKREDITASI SK BAP PROVINSI BANTEN
Nomor : 44/BAP-S/M-SK/III/2013  Akuntansi (B)
JL. Raya Gunungkencana Malingping Km 14  Kode Pos. 42354 Gunungkencana
e-mail : smkn_gunung@yahoo.co.id     Blog : smknegeri1gunungkencana.blogspot.com





LEMBAR PENGESAHAN


Setelah memperhatikan pertimbangan dari komite sekolah maka dengan ini Kurikulum SMKN 1 Gunungkencana  ditetapkan dan diberlakukan mulai Tahun Pembelajaran 2016-2017



Lebak,  18 Juli 2016

Komite Sekolah

Kepala Sekolah





HASANUDIN, S.Pd




HARUN RASYID, M.Pd
NIP. 196702271989031006



Dinas Pendidikan Provinsi Banten
Kepala Dinas




H. ENGKOS KOSASIH SAMANHUDI, S.Pd, MM, M.Si
Pembina Utama Madya
NIP. 196007271983031012



                                                                                                                       




                                               


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, SMK Negeri 1 Gunungkencana telah menyusun Dokumen I Kurikulum SMK Negeri 1 Gunungkencana yang sekaligus juga penerapan Kurikukum 2013. Penyusunan Dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ini merupakan salah satu upaya mengoptimalkan kegiatan proses pendidikan yang dilaksanakan oleh sekolah, sesuai dengan karakteristik daerah dan lingkungan serta berorientasi pada kebutuhan peserta didik.
Kurikulum SMK Negeri 1 Gunungkencana disusun dengan mengacu pada delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) ditetapkan oleh BSNP dan peraturan-peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) yang berkenaan dengan implementasi Kurikukum 2013. Dokumen KTSP yang kami susun ini mulai dilaksanakan pada tahun pembelajaran 2016-2017.
Namun demikian, kami meyadari bahwa Dokumen kurikulum ini masih belum sempurna. Penyempurnaan secara berkelanjutan akan terus dilakukan seiring dengan perubahan dan penyempurnaan Kurikulum 2013 yang merupakan sumber acuan lainnya dalam penyusunan Dokumen ini.
Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh warga sekolah dan Staf Sekolah yang telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk membantu baik waktu maupun tenaganya untuk menyusun Dokumen ini.Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk terhadap segala upaya yang kita lakukan demi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.


Lebak,  18 Juli 2016
Kepala Sekolah,


HARUN RASYID, M.Pd
NIP. 196702271989031006




DAFTAR ISI



LEMBAR PENGESAHAN ......................................................................................      i
KATA PENGANTAR ..............................................................................................       ii
DAFTAR ISI ..............................................................................................................     iii
BAB I    PENDAHULUAN ......................................................................................       1
A.    Latar Belakang ........................................................................................     1
B.     Dasar Hukum ..........................................................................................     5
C.     Tujuan Penyusunan Dokumen Kurikulum...............................................     6    
D.    Prinsip Pengembangan Kurikulum ..........................................................   `7
BAB II   TUJUAN SMK NEGERI 1 GUNUNGKENCANA
A.    Tujuan Pendidikan ..................................................................................     10
B.     Visi .........................................................................................................      10
C.     Misi ......................................................................................................        10
D.    Tujuan ………………………………………………………………..         11
BAB III  STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM SMK NEGERI 1 GUNUNGKENCANA
A.    Kerangka Dasar Kurikukum ...................................................................    13
B.     Muatan Kurikulum ..................................................................................   16
C.     Standar Kompetensi ...............................................................................    20
D.    Muatan Lokal ..........................................................................................    57
E.     Kegiatan Pengaturan Beban Belajar .......................................................    61
F.      Pengembangan Diri .................................................................................    64
G.    Kriteria Ketuntasan Minimal ..................................................................    66
H.    Kriteria Kenaikan Kelas ..........................................................................    67
I.       Kriteria Kelulusan....................................................................................    71
J.       Peminatan dan Lintas Minat ...................................................................    72
K.    Pendidikan Kecakapan Hidup ................................................................     73
BAB IV KALENDER PENDIDIKAN ...................................................................
A.    Permulaan Tahun Pelajaran .....................................................................   76
B.     Jumlah Minggu Efektif ...........................................................................   77
C.     Jadwal Waktu Libur ...............................................................................    78

BAB V   PENUTUP ..................................................................................................     80


LAMPIRAN
1.      Contoh satu silabus dan RPP
2.      SK TPK dan Uraian Tugas Tim Penyususn
3.      Hasil Analisis Konteks
4.      Instrumen Verifikasi/Validasi Dok.KTSP



PEMERINTAH KABUPATEN LEBAK
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK NEGERI 1 GUNUNGKENCANA
Status : TERAKREDITASI SK BAP PROVINSI BANTEN
Nomor : 44/BAP-S/M-SK/III/2013  Akuntansi (B)
Nomor : 83/BAP-S/M-SK/X/2015  Teknik Kendaraan Ringan (B)
JL. Raya Gunungkencana Malingping Km 14  Kode Pos. 42354 Gunungkencana
E-mail : smkn_gunung@yahoo.co.id     Blog : smknegeri1gunungkencana.blogspot.com

SURAT KEPUTUSAN
KEPALA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 GUNUNGKENCANA
Nomor : 800/ 228 /SMKN1-GNK/VII/2016

TENTANG
PENUNJUKKAN TIM PENGEMBANG KURIKULUM
SMK NEGERI 1 GUNUNGKENCANA
Tahun Pembelajaran 2016-2017

Menimbang           :
a.      Bahwa dalam rangka implementasi Kurikulum Kesatuan Tingkat Pendidikan (KTSP) SMKN 1 Gunungkencana perlu ditunjuk Tim Pengembang Kurikulum.
b.      Bahwa sehubungan dengan poin a, pemberian tugas tersebut perlu dituangkan dalam Surat Keputusan.
Mengingat             :
           1.       Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
           2.       Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor  13 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
           3.       Permendikbud no 160 tahun 2014 tentang perubahan kebijakan pemberlakuan kurikulum.
           4.       Permendikbud no. 60 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 untuk SMK & MAK
           5.       Permendikbud no. 61 tahun 2014 tentang KTSP
           6.       Permendikbud no. 62 tahun 2014 tentang Extra Kulikuler
           7.       Permendikbud no. 63 tahun 2014 tentang Kepramukaan
           8.       Permendikbud no. 64 tahun 2014 tentang peminataan
           9.       Permendikbud no 103 tahun 2014 tentang pembelajaran
       10.       Permendikbud no. 53 tahun 2015 dan permendikbud no 23 tahun 2016 tentang standar penilaian
       11.       Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan

       12.       Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi

       13.       Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses

       14.       Permendikbud No. 8 Tahun 2016 tentang Buku Teks dan Buku Panduan Guru

       15.       Keputusan direktur Jendral pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 7013/D/KP/2013 Tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Kejuruan.
       16.       Pergub No 15 Tahun 2014 tentang mulok seni budaya Banten
       17.       Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebak Nomor 420/Disdikbub/Kab/ 2016 tentang Kalender Pendidikan bagi sekolah pada tahun pelajaran 2016-2017.

MEMUTUSKAN
Menetapkan :
Pertama             
:
Menunjuk nama-nama terlampir pada surat keputusan ini sebagai Tim Pengembang Kurikulum SMK Negeri 1 Gunungkencana tahun pelajaran 2016/2017 .
Kedua               
:
Memberikan tugas kepada nama-nama tersebut dengan tugas dalam merencanakan, melaksananakan dan mengevaluasi implementasi Kurikulum Kesatuan Tingkat Pendidikan (KTSP) SMKN 1 Gunungkencana tahun pelajaran 2016/2017 seperti terlampir pada surat keputusan ini.
Ketiga               
:
Keputusan ini berlaku terhitung mulai tanggal ditetapkan dan apabila terjadi kekeliruan dalam keputusan ini akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya.


Ditetapkan di    : Gunungkencana
Pada Tanggal    :  18 Juli 2016
Kepala Sekolah,




HARUN RASYID, M.Pd
NIP. 196702271989031006






Surat Keputusan Nomor : 800/ 228/SMKN1-GNK/VII/2016

PENUNJUKKAN TIM PENGEMBANG KURIKULUM
SMK NEGERI 1 GUNUNGKENCANA
TAHUN PELAJARAN 2015-2016

NO
NAMA
UNSUR SEKOLAH
Kedudukan dan Tugas Dan Kewenangan
1.
HARUN RASYID, M.Pd
Kepala Sekolah
Ketua merangkap anggota
2.
HASANUDIN,S.Pd
Komite Sekolah
Ketua Komite Sekolah
3.
USEP HILMI, S.Pd
Guru/Wakil Kepala Sekolah
Anggota
4.
DJONI EDIH, ST
Guru/Wakil Kepala Bidang Kurikulum
Anggota
5.
SARTONO, S.T
Guru/Waka. Bid. Kesiswaan
Anggota
6.
RIDWAN SUMARDI, S.Pd
Guru/ Ketua paket Keahlian Akuntansi
Anggota
7.
ENDANG SURYANA, ST
Guru/ Ketua paket Keahlian TKR
Anggota
8.
IPAT SUSILAWATI, S.Pd.I
Guru/Kepala BK
Anggota
9.
MANSUR, S.Pd
Kepala TU
Anggota

Gunungkencana, 18 Juni 2016
Kepala Sekolah,




HARUN RASYID, M.Pd
NIP. 196702271989031006
DESKRIPSI TUGAS
TIM PENGEMBANG KURIKULUM
SMK NEGERI 1 GUNUNGKENCANA
TAHUN PELAJARAN 2016/2017


A.       KETUA
a.       Menkoordinir seluruh personil dalam melaksanakan tugasnya.
b.      Menganalisis anggaran pengembangan sekolah
c.       Membantu kepala sekolah  dalam memberikan evaluasi kegiatan
d.      Mengevaluasi Kegiatan

B.        BIDANG KURIKULUM
a.       Menyiapkan program kurikulum.
b.      Memantau pelaksanaan kegiatan kurikulum
c.       Membuat matriks pengembangan kurikulum
d.      Menyusun jadwal kegiatan kurikulum

C.       BIDANG SARANA  DAN PRASARANA
a.       Menyiapkan program sarana dan prasarana
b.      Menginventarisir barang yang ada.
c.       Menginventarisir barang yang diperlukan.
d.      Memnyusun Anggaran pengadaan / belanja barang
e.       Membuat matriks pengembangan sarana dan prasarana
f.       Menyusun jadwal kegiatan sarana dan prasarana

D.       BIDANG KEPESERTA DIDIKAN
a.       Menyiapkan program kepeserta didikan,
b.      Menyiapkan program ekstrakurikuler
c.       Menyiapkan penanganan kedisiplinan peserta didik

E.        BIDANG HUMAS
a.       Menyiapkan program Humas,
b.      Merencanakan Rapat dengan Komite Sekolah
c.       Mendokumentasikan Hasil Rapat Sekolah maupun rapat dengan Komite,

F.        KETATAUSAHAAN
a.       Menyiapkan program ketatausahaan
b.      Menyiapkan administrasi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
c.       Menyusun anggaran keuangan sekolah

G.       KOMITE SEKOLAH
a.       Memberikan input materi/ non materi kepada sekolah,
b.      Melakukan evaluasi bersama dengan sekolah, tentang kualiatas pendidikan.

H.       KETUA KOMPETENSI KEAHLIAN
a.       Menyiapkan program pengajaran
b.      Menyiapkan pelaksanaan pengajaran,
c.       Menyiapkan evaluasi pembelajaran,
d.      Menyiapkan program tindak lanjut.



Gunungkencana, 18 Juli 2016
Kepala Sekolah,




HARUN RASYID, M.Pd
NIP. 196702271989031006




ANALISIS KONTEKS

1.      ANALISIS STANDAR ISI (Kerangka Dasar, Struktur Kurikulum, Beban Belajar dan Kalender Pendidikan)

Sekolah           : SMKN 1 GUNUNGKENCANA
Alamat                        : Jln. Gunungkencana- Malingping Km 13 pos 42354
Kabupaten       : Lebak
Provinsi           : Banten

Komponen
Sub Komponen
Kondisi Ideal
Kondisi Riil
Rencana Tindak Lanjut
Struktur Kurikulum
Muatan Kurikulum
Muatan Kurikulum dalam Dokumen 1 KTSP  SMK Negeri 1 Gunungkencana Disusun dan dilaksanakan Sesuai dengan ketentuan/Acuan Permendikbud


Muatan Kurikulum dalam Dokumen 1 KTSP SMK Negeri 1 Gunungkencana Disusun dan dilaksanakan Sesuai acuan.
Tahun pelajaran 2016-2017  tetap ditargetkan Muatan Kurikulum pada semua mata pelajaran

2.      ANALISIS STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)

Komponen
Sub Komponen
Kondisi Ideal
Kondisi Riil
Rencana Tindak Lanjut
Standar Kompetensi Lulusan satuan pendidikan SMK Negeri 1 Gunungkencana
Pengembangan Diri
Peserta didik dapat mengembangkan Diri secara Optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya dengan mengikuti berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler pilihan
99 % Peserta didik telah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler wajib, namun hanya sekitar 20% peserta didik yang mengikuti jenis eksul pilihan. Hal ini diperkirakan disebabkan oleh keterbatasan kemampuan pembimbing serta terbatasnya sarana pendukung.
Dalam jangka pendek ditargetkan untuk memberi pelatihan pemantapan kompetensi pada guru pembimbing guna menarik minat peserta didik dalam mengikuti kegiatan eskul pilihan seperti: PMR dan Paskibra. Adapun rencana peningkatan sarana pendukung adalah dengan mencari dan mendapatkan peluang bantuan baik dari Dinas, donatur tak terikat maupun partisipasi masyarakat/orang tua wali murid.

3.      ANALISIS STANDAR PROSES

Komponen
Sub Komponen
Kondisi Ideal
Kondisi Riil
Rencana Tindak Lanjut
PERENCANAAN
RPP
Penyiapan Perangkat Pembelajaran
a.    100% Guru menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dikembangkan dari silabus (paling luas mencakup satu KD yang terdiri atas satu atau beberapa indikator untuk satu kali pertemuan)
Dikarenakan biaya dan waktu yang terbatas dalam menyusun RPP maka dalam persentasinya adalah 50 % Guru menyiapkan RPP sebelum pembelajaran, 30% guru menyiapkan RPP setelah pembelajaran dan sisanya hanya mengumpulkan jika ada pemeriksaan dari Dinas
Diadakan kegiatan MGMP sekolah selama beberapa hari /jam guna workshop penyusunan RPP dan penekanan Penyusunan RPP selama libur semester genap

4.      ANALISIS STANDAR PENILAIAN

KOMPONEN
KONDISI IDEAL
KONDISI RIIL
KESENJANGAN
RENCANA TINDAK LANJUT
Mekanisme dan Prosedur Penilaian
100% guru menyusun rancangan jadwal Pelaksanaan Penilaian dan remedial
100% guru menyusun rancangan jadwal penilaian dan remedial, namun hanya 55% yang dapat melaksanakan kegiatan remedial
65% Guru yang dapat melaksanakan kegiatan remedial UAS atau UKK disebabkan karena keterbatasan waktu mengoreksi LJK,  apalagi bagi mata pelajaran yang diujikan pada 2 hari terakhir
Diprogramkan kegiatan koreksi bersama setelah mata pelajaran diujikan semua pada hari tsb.

5.      ANALISIS STANDAR PENGELOLAAN

KOMPONEN
KONDISI IDEAL
KONDISI RIIL
RENCANA TINDAK LANJUT
Tenaga Kependidikan
Tenaga kependidikan atau struktural/pengurus sekolah sebagai tenaga pendidik yang berkonsentrasi penuh mengelola sekolah terdiri dari Komite Sekolah, Kepala Sekolah, Wakasek Bidang Kurikulum, Wakasek Bidang Kepeserta didikan, Wakasek Bidang Sarana Prasarana, dan Wakasek bidang Humas.
Pada prinsipnya Pengurus Sekolah telah disesuaikan dengan kebutuhan, hanya saja pada bidang sarana prasarana masih  kesulitan karena keterbatasan kompetensi, kemauan dan juga keterbatasan biaya.
a.       Sekolah bekerjasama dengan Yayasan untuk memberi kesempatan kepada wakasek bidang sarana guna mengkader salah satu rekan sejawat yang diperkirakan memiliki kompetensi bidang sarana atau minimal yang memiliki kemauan untuk bidang tersebut.






6.      ANALISIS KUALIFIKASI AKADEMIK DAN KOMPETENSI GURU

KOMPONEN
KONDISI IDEAL
KONDISI RIIL
RENCANA TINDAK LANJUT
Kompetensi dalam bidang Tekhnologi Informasi
Sekitar 90% pendidik menguasai bidang Teknologi Informasi salah satunya adalah bidang microsoft Office dan layanan Internet dan sejenisnya.
Sekitar 85% guru sudah menguasai dalam bidang microsoft Office. Namun sekitar 60% guru yang mampu dalam bidang layanan internet dan sejenisnya.
Dalam program jangka pendek sekolah Mengadakan program pelatihan Guru dalam bidang TIK

7.      ANALISIS STANDAR PEMBIAYAAN

KOMPONEN
KONDISI IDEAL
KONDISI RIIL
RENCANA TINDAK LANJUT
PEMBIAYAAN
Diharapkan biaya operasional yang sebagian bersumber dari swadaya/biaya partisipasi orang tua berjalan lancar sekitar 85% dari jumlah biaya perpeserta didik tiap tahunnya.
Biaya operasional yang berasal dari biaya partisipasi orang tua belum sepenuhnya lancar.
Sekolah, bekerjasama dengan Komite dan atas saran dan masukan dari pihak Dinas terkait mencoba menggunakan berbagai alternatif guna memperbaiki manajemen keuangan demi kelancaran dan kesinambungan operasional sekolah

8.      ANALISIS STANDAR SARANA

KOMPONEN
KONDISI IDEAL
KONDISI RIIL
RENCANA TINDAK LANJUT
Tanah
Idealnya bukti kepemilikan tanah yang lebih kuat adalah dibuktikan dengan adanya AJB dan sertifikat tanah
Bukti kepemilikan tanah dibuktikan dengan adanya AJB dan sertifikat tanah




INSTRUMEN VERIFIKASI/VALIDASI

DOKUMEN KTSP


Nama Sekolah                         : SMKN 1 GUNUNGKENCANA   
Nama Kepala Sekolah             : HARUN RASYID, M.Pd   
Alamat Sekolah                       : Jl. Gunungkencana- Malingping Km 13 Pos 42354
Kabupaten/Kota                      : Lebak           

DOKUMEN I
NO
KOMPONEN DAN INDIKATOR
PENILAIAN
0
1
2
3
4
COVER/HALAMAN JUDUL





1
Logo sekolah dan atau daerah





2
Judul: Kurikulum SMK NEGERI 1 GUNUNGKENCANA  ............





3
Tahunpelajaran 2015/2016





4
Alamat sekolah Jl Gunungkencana-malingping
KM 13





LEMBAR PENGESAHAN





1
Rumusan kalimat pengesahan





2
Tanda tangan kepala sekolah  dan stempel/cap sekolah





3
Tanda tangan ketua komite sekolah dan stempel/cap Komite Sekolah





4
Tempat untuk tanda tangan kepala/ pejabat dinas pendidikan provinsi





DAFTAR ISI






Kesesuaian halaman





BAB  I PENDAHULUAN





A
LATAR BELAKANG MEMUAT:






§  Alasan penyusunan Dokumen KTSP






§  Kondisi ideal dan kondisi nyata






§  Potensi dan Karakteristik Satuan Pendidikan





B
MENCANTUMKAN DASAR HUKUM YANG RELEVAN






§  Undang-undang No 20 thn 2003






§  PP No. 32 Tahun 2013






§  Permendikbud No. 54 Tahun 2013






§  Permendikbud No. 64 Tahun 2013






§  Permendikbud No. 65 Tahun 2013






§  Permendikbud No. 66 Tahun 2013






§  Permendikbud No. 69 Tahun 2013






§  Permendikbud No. 71 Tahun 2013






§  Permendikbud No. 81A Tahun 2013






§  Surat EdaranMenteri yang sesuai






§  Peraturan Daerah yang relevan





C
TUJUAN PENGEMBANGAN KTSP






§  Adanya tujuan pengembangan Dokumen KTSP






§  Mengembangkan kompetensi yang mencakup tiga ranah (Afektif, Kognitif dan Ketrampilan)





D
PRINSIP PENYUSUNAN KTSP






§  Mencakup tujuh prinsip pengembangan dan Pelaksanaan KTSP





BAB II TUJUAN SATUAN PENDIDIKAN





A
TUJUAN PENDIDIKAN MENENGAH






Mengacu pada tujuan pendidikan menengah seperti tercantum pada perundang-undangan





B
VISI SATUAN PENDIDIKAN





1
Ringkas dan mudah dipahami





2
Mengacu pada tujuan pendidikan menengah yaitu untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.





3
Mengacu tuntutan SKL dan KI yang mencakup tiga domain Sikap, Pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan Permendikbud No. 54 Tahun 2013.





4
Berorientasi pada potensi, minat, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan





5
Berorientasi pada kepentingan daerah, nasional dan global.





6
Berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta memperhatikan lingkungan sosial dalam rangka menumbuhkan peduli lingkungan.





7
Memberi inspirasi dan tantangan dalam meningkatkan prestasi secara berkelanjutan untuk mencapai keunggulan





8
Mendorong semangat dan komitmen seluruh warga satuan pendidikan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pendidikan





C
MISI SATUAN PENDIDIKAN






Menjabarkan pencapaian visi  dalam bentuk pernyataan yang terukur dan dapat dicapai sesuai dengan skala prioritas, mencakup: seluruh indikator visi





D
TUJUAN SATUAN PENDIDIKAN





1
Tujuan Pendidikan Menengah





2
Tujuan SMK NEGERI 1 GUNUNGKENCANA yang menjabarkan pencapaian misi  dalam bentuk pernyataan yang terukur dan dapat dicapai sesuai dengan skala prioritas, mencakup seluruh indikator misi





II
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN





1
Kerangka dasar Kurikukum Satuan Pendidikan





2
Daftar mata pelajaran Wajib A, Wajib B, Peminatan dan Lintas Minat .Pengaturan alokasi waktu per mata pelajaran disesuaikan struktur kurikulum, minat dan kebutuhan  dan sekolah  dengan jumlah waktu minimal 42 jam pelajaran per minggu untuk Sistem Paket atau sesuai ketentuan sekolah berdasarkan hasil anlisis untuk SMK NEGERI 1 GUNUNGKENCANA pelaksana SKS.






PROGRAM  MUATAN LOKAL, mencantumkan:





1
Jenis dan strategi pelaksanaan muatan lokal yang dilaksanakan sesuai dengan kebijakan daerah.





2
Jenis dan strategi pelaksanaan muatan lokal yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan  dan karakteristik sekolah.





3
Daftar KI dan KD Muatan lokal  yang dikembangkan oleh sekolah.






KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI, mencantumkan:





1
Uraian tentang jenis dan strategi pelaksanaan program layanan konseling dan atau layanan akademik/belajar, sosial dan pengembangan karier .





2
Uraian tentang jenis dan strategi pelaksanaan program pengembangan bakat, minat dan prestasi .





3
Kegiatan Kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib, melalui kegiatan Gugus Depan, dan/atau MOS, dan/atau Kegiatan akhir pekan.






PENGATURAN BEBAN BELAJAR, mencantumkan:





1
Uraian tentang pengaturan alokasi waktu pembelajaran per jam tatap muka,  jumlah jam pelajaran per minggu, jumlah minggu efektif per tahun pelajaran, jumlah jam pelajaran per tahun.





2
Uraian tentang pemanfaatan 60% dari jumlah waktu kegiatan tatap muka pada mata pelajaran tertentu, untuk penugasan terstruktur (PT) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (KMTT).





3
Uraian tentang pelaksanaan program percepatan bagi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa (bila ada). *)





4.
Jumlah sks per semester, per tahun, atau seluruh sks sampai selesai SMK NEGERI 1 GUNUNGKENCANA *)





5
Uraian pelaksanaan tentang pelaksanaan SKS *)






KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL





1
Prosedur Penetapan KKM





2
Daftar KKM untuk masing-masing matapelajaran













KENAIKAN KELAS mencantumkan:





1
Uraian tentang pelaksanaan penilaian hasil belajar peserta didik (ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas), sesuai denganketentuan yang diatur dalam Standar Penilaian Pendidikan.





2
Uraian tentang mekanisme dan prosedur pelaporan hasil belajar .





3
Uraian tentang pelaksanaan program remedial dan pengayaan.






KELULUSAN, mencantumkan:





1
Kriteriakelulusanberdasar pada ketentuan PP nomor 32 tahun 2013 pasal 72 ayat 2.





2
Uraian tentang pelaksanaan ujian nasional dan ujian sekolah.





3
Target kelulusan yang akandicapaiolehsekolah.





4
Uraian tentang program-program sekolah dalam meningkatkan kualitas lulusan.





5
Uraiantentangprogram pasca ujiannasionalsebagaiantisipasibagi yang belumlulusujian.






PEMINATAN DAN LINTAS MINAT, mencantumkan





1
Penentuan jumlah peserta didik yang mengambilmatapelajaranpeminatandanlintasminat mengacu hasil analisis kondisi riil sekolah, terutama PTK dan sarana-prasarana yang tersedia, dengan mempertimbangkan  potensi dan minat .





2
Kriteria peminatan dan lintas minat sesuai dengan potensi dan minat  yang mendaftar dengan memperhatikan juga nilai raport, SKHUN, atau rekomendasi sekolah asal.





3
Uraian tentang program penelusuran potensi, minat dan prestasi .





4
Uraian tentang mekanisme dan proses pelaksanaan peminatan dan lintas minat.






PENDALAMAN MINAT mencantumkan **)





1
Kerjasama dengan PT





2
Kriteria





3
Materi Pendalaman Minat





4
Strategi Pelaksanaan, termasuk Jadwal dan daftar Dosen/guru






PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP mencantumkan:





1
Uraian tentang penerapan pendidikan kecakapan hidup.





III
KALENDER PENDIDIKAN, Mencantumkan:





1
Pengaturan tentang permulaan tahun pelajaran.





2
Jumlah minggu efektif belajar satu tahun pelajaran





3
Jadwal waktu libur (jeda tengah semester, antar semester, libur akhir tahun pelajaran, libur keagamaan, hari libur nasional dan hari libur khusus).






LAMPIRAN, antara lain;





1
 Contoh satu silabus dan RPP





2
   SK dan Uraian Tugas TPK Sekolah Penyusun Dok.





3
Laporan hasil analisis Konteks atau analisis kondisi riil sekolah.





4
Hasil Validasi Dinas Pendidikan Kab/Kota





Jumlah






Catatan:
*) untuk SMK Negeri 1 Gunungkencana Pelaksana SKS dan **) untuk Pelaksana Pendalaman Minat

NILAI = ………………%
CATATAN/KOMENTAR UMUM
__________________________________________________________________
__________________________________________________________________
Petugas Validasi/Verifikasi

                                                                                    ________________________
                                                                                                NIP




Comments